Apakah Pelatihan Sales Skill Bermanfaat?

Pelatihan Sales Skill

Seorang supervisor distributor (SD) pernah mengatakan kepada saya bahwa para salesman yang dipimpinnya memerlukan pelatihan sales skill agar bisa mencapai hasil yang diharapkan.

Salesman Training

Di sisi lain, sales supervisor (SS) dari pihak prinsipal mengatakan bahwa salesman distributor kurang memiliki motivasi untuk bekerja. Mereka berdua sama-sama mengatakan bahwa salesman distributor memerlukan pelatihan (salesman training) atau pelatihan sales skill dengan materi atau modul salesmanship dan/atau selling skills.

Saat ditanya apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang salesman, dengan serempak mereka mengatakan bahwa setiap salesman harus bisa mencapai target penjualan (omset) yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan distributor.

Metode Salesman Training

Untuk mengadakan pelatihan terhadap salesman, paling tidak ada dua metode, yaitu dilakukan di ruangan secara bersama-sama dan di lapangan secara individual (one-on-one).

Masing-masing salesman training mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Dengan populasi salesman yang cukup tinggi dan pembatasan jumlah peserta sebanyak 20 orang per kelas, maka dibutuhkan beberapa kelas sekaligus, yang berarti juga dibutuhkan beberapa fasilitator dengan kemampuan yang sama agar kualitas pelatihan bisa sesuai standar.

Pihak distributor juga mungkin akan keberatan bila salesman-nya dilatih selama beberapa hari (rata-rata program sales training adalah 3 hari) karena akan berdampak terhadap omset distributor. Belum lagi investasi yang harus disiapkan oleh pihak perusahaan sebagai prinsipal.

Meskipun hasilnya bisa lebih baik, mengadakan pelatihan di lapangan (on the job) secara individual (one on one) juga membutuhkan banyak pelatih (coach) disamping waktunya yang relatif lebih lama dibandingkan dengan di ruangan.
Selain itu, tingkat pergantian atau keluar masuk (turn-over) salesman juga cukup tinggi. Salesman yang sudah dilatih dengan salesman training dan mempunyai kemampuan yang sesuai standar akan keluar untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Salesman Training Distributor

Dengan pertimbangan diatas, maka pertanyaannya adalah

  1. Apakah ada manfaatnya melakukan pelatihan terhadap salesman distributor?
  2. Apakah ada cara lain, yang tidak mengganggu omset distributor, dengan investasi lebih rendah, membutuhkan waktu lebih singkat, serta bisa meningkatkan ketrampilan dan kemampuan salesman distributor.

Ingin mendiskusikan pertanyaan di atas lebih lanjut? Atau Perusahaan Anda memerlukan pelatihan sales skill? Silakan hubungi kami untuk mendiskusikan kebutuhan pelatihan Anda lebih lanjut untuk pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi Anda. Kontak kami di plusolution@plus1solution.co.id atau HP/Whatsapp di 0811-807-108

vmm/210118

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *