Pentingnya Sales Team (Tim Penjualan) di Organisasi

Di setiap organisasi bisnis, penjualan adalah bagian yang menghasilkan pemasukan. Betapa pun bagusnya produksi pabrik Anda, atau canggihnya teknologi Anda, seberapa ambisiusnya target keuangan Anda atau betapa progresif atau prospektifnya teknis manajemen Anda, pasti ada bagian tim penjualan, jika tidak bagian lainnya tidak akan ada manfaatnya.

tim penjualan

Sumber Pendapatan

Sebuah organisasi bisnis dapat menghasilkan pemasukan dari berbagai sumber, termasuk pemasukan operasi dari penjualan, royalti, dividen dan bunga dari aset keuangan yang dimilikinya, pembayaran dari polis asuransi, pendapatan sewa dan pendapatan modal dari penjualan properti yang dimilikinya.

Penjualan Versus Pemasaran

Meski terkadang  sulit menarik garis antara berakhirnya proses pemasaran dan upaya penjualan dimulai, upaya penjualan  adalah upaya menarik uang masuk ke perusahaan. Usaha pemasaaran menciptakan kondisi yang membantu proses penjualan terjadi. Singkatnya, bagian pemasaran mencoba menarik perhatian konsumen, dan tim sales yang membuat mereka mau membeli.

Kemitraan Antara Tim Penjualan dan Pemasaran

Sedikit sekali produk yang dibeli secara tak terencana  atau impulsif. Sebuah produk terkenal ada di rak toko karena distributor membangun hubungan dengan manajer atau pemilik toko untuk memastikan bahwa barang dipajang dan mencegah pesaing untuk memajang produknya. Untuk memperoleh hasil maksimal dari sakes team, tim penjualan butuh dukungan dari tim pemasaran untuk membantu menghubungi pelanggan atau dalam hal ini toko, membuat brosur, dan membuat barang dikenal lewat iklan. Jika bantuan dari bagian marketing tidak ada, toko itu tidak akan lama bertahan. Sales team akan terlalu terlibat langsung dalam upaya itu dan akhirnya akan kewalahan melayani toko dan sulit mengembangkan bisnis. Tim penjualan sangat penting  keberadaannya.

Investasi pada Tim Penjualan

Banyak perusahaan yang sedikit menginvestasikan uangnya dalam upaya penjualan, dan meremehkan tim penjualan. Masalah penjualan seperti anak tiri yang hanya diperhatikan setelah masalah produksi, distribusi, dan keuangan diselesaikan. Tenaga penjualan yang baik merupakan tim yang profesional, memperoleh kompensasi yang layak, didukung oleh usaha marketing dan diberdayakan untuk bertindak, melayani klien penting dengan dukungan pemasaran, uang dan waktu. Tim sales punya hubungan pribadi yang dekat dengan pelanggan atau mereka belajar cara membangun sebuah tim yang tangguh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *